Wednesday, January 29, 2014

7 Alasan Utama Perlunya Bersyukur



Rasanya tidak ada hal apapun didunia ini yang tidak untuk disyukuri, kehadiran kita didunia, kesehatan yang bisa kita gunakan untuk beraktifitas, panca indra yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dan lain sebagainya patut kita syukuri.

Syukur adalah bentuk terima kasih makhluk hidup (dalam hal ini kita manusia) kepada Tuhan Yang Maha Esa. Syukur bukan sekedar ucapan hamdalah, ada banyak bentuk kesyukuran yang bisa kita lakukan. Misalnya dengan berbagi kepada sesama, dan bentuk syukur yang paling utama adalah beriman kepada Allah SWT dengan cara menjalankan  perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Di bawah ini 10 Alasan utama mengapa kita diwajibkan bersyukur, baik yang bersumber dari Al-Qur'an maupun hadist.
1. Jika engkau miskin bersyukurlah karena engkau akan sedikit mempertanggungjawabkan hartamu. Jika engkau kaya bersykurlah karena engkau mempunyai banyak kesempatan beramal. Apapun yang terkadang kita anggap kekurangan sesungguhnya itu rahmat jika kita mensyukurinya. Apapun yang kita anggap nikmat bisa jadi azab jika kita tidak mensyukurinya

2. Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati, agar kamu bersyukur. (An-Nahl: 78)

3. Bersabda Rasulullah saw: “Lihatlah kepada orang yang lebih rendah dari kalian dan janganlah kalian melihat kepada orang yang lebih tinggi dari kalian, karena yang demikian itu lebih pantas agar kalian tidak menganggap rendah nikmat Allah Ta’ala yang telah dianugerahkan kepada kalian.” (Muttafaq ‘alaih)

4. Dan terhadap nikmat Tuhanmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur). QS. ad-Dhuha (93) : 11

5. Baik kepadamu maupun kepada nabi sebelummu telah diwahyukan: "Jika engkau mempersekutukan Tuhan, maka akan terbuang percumalah segala amalmu dan pastilah engkau menjadi orang yang merugi. Karena itu sembahlah Allah olehmu, dan jadilah orang yang bersyukur (QS Az-Zumar)

6. Dari Anas r.a., katanya: "Rasulullah s.a.w. bersabda: "Sesungguhnya Allah itu niscayalah ridha kepada seseorang hamba yang makan sekali makanan lalu ia memuji kepada Allah atas makanan itu serta ia minum sekali minuman lalu memuji kepada Allah atas minuman itu."

7. Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. An Nahl : 18)

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 comments "7 Alasan Utama Perlunya Bersyukur", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com