Monday, July 22, 2013

Mengerjakan Witir Sebelum Tidur




Hari ke 15 Ramadhan ini apakah anda masih rajin shalat malamnya (tarawih)? Saya yakin masih, dan masjid-masjid juga masih penuh oleh jamaah tarawih. Judul artikel ini sebenarnya klise karena setiap Ramadhan, pertanyaan seperti itu akan ditimbul bagi sebagian orang. Apakah boleh mengerjakan shalat witir sebelum tidur? Karena umumnya, setelah shalat tarawih maka imam akan menutup dengan shalat witir 3 rakaat. Padahal shalat witir itukan penutup shalat malam. Jadi yang mau shalat tahajjud gimana dong? Itulah sebabnya mengapa pada saat Imam akan melakukan witir, sebagian jamaah ada yang pulang ke kandang. Ehhh bukan... ke rumah maksudnya. heheh.

Kembali ke Topik.
Jadi manakah yg benar, mengerjakan witir sebelum tidur atau sesudah tidur (bagi yg mau tahajjud)? Kemarin admin denger dari ceramah ramadhan kemarin yg katanya membolehkan dua-duanya. Di bawah ini penopangnya.

“Barangsiapa takut tidak dapat bangun di akhir malam hendaknya ia berwitir di awalnya (sebelum tidur). Dan barangsiapa yakin dapat bangun di akhir malam maka hendaknya ia witir di akhir malam karena sholat di akhir malam disaksikan  (oleh malaikat) dan yang demikian itu adalah lebih utama.” [HR Muslim 755 dari hadits Jabir radhiyallahu anhu]

Jadi dengan berpegang pada hadist tersebut, maka tidak perlu ada keraguan lagi apakah anda ingin witir sebelum tidur atau sesudah tidur. Akan tetapi mengerjakan witir di akhir malam tentulah lebih baik terutama jika anda yakin bisa bangun di akhir malam. Adapun sahabat Nabi yang mengerjakan witir di akhir malam adalah Umar Bin Khattab. Beliau adalah manusia yang paling ditakuti dikalangan setan, karena itulah beliau begitu yakin bisa bangun di akhir malam.


Semoga artikel sederhana ini bermanfaat

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 comments "Mengerjakan Witir Sebelum Tidur", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com