Sunday, July 28, 2013

Sikap Jika Kehilangan Sandal Di Masjid




Masjid adalah tempat yang dikhususkan untuk beribadah dan berzikir, siapapun boleh datang ke masjid mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun. Bahkan sekarang ini jumlah masjid sudah sangat banyak, admin yakin letak masjid hanya beberapa puluh meter dari rumah atau tempat kerja kalian. Suatu hal yang sangat patut disyukuri, tentunya bukan ucapan syukur dilisan aja sob, melainkan dengan memakmurkan masjid (yakni beribadah).

Akan tetapi ada satu hal yang kurang sreg, yaitu kebanyakan kita agak takut pergi ke masjid menggunakan sandal yang bagus. alasannya sih klasik, takut kecurian atau tertukar. Klo masjidnya punya marbot (Pengurus Masjid) mungkin tidak apa-apa. Sayangnya meskipun ada marbot, tetap saja masih ada kejadian kehilangan atau tertukar sandalnya.

Lalu bagaimana jika kehilangan / tertukar sandalnya di masjid? tentu harus dicari. Tapi tahukah sobat, bahwa ada larangan dalam Islam, jika kehilangan barang di masjid sebaiknya jangan dicari. Sebagaimana hadist berikut:

Rasulullah SAW Bersabda: "Siapa saja yang mendengar seseorang mencari ontanya yang hilang didalam masjid, maka katakanlah 'semoga Allah tidak mengembalikannya kepadamu. Sebab Masjid-masjid tidak dibangun untuk hal ini' "(HR.Muslim, kitab: al-Masaajid Wa Mawaadhi’ ash-Shalaah)

Itu kesalahan pertama, yaitu mencari barang yg hilang di masjid. Kesalahan kedua yang admin lihat adalah, jika seseorang kehilangan sandal, maka ia akan mengambil sandal yang lainnya. Itu kan sama aja mencuri, benar ngga sob?


Berkaitan dengan hal diatas, admin punya cerita lucu nih. Ketika itu admin sedang berada di Masjid Raya buat melaksanakan shalat dhuhur. Waktu itu marbotnya lagi ngga ada, jadinya sandal ditaruh aja di tempat penitipan. Begitu mau pulang, alhamdulillah sandalnya hilang dah. hehehe. Padahal uang di dompet pas-pasan, jadinya nekat aja pulang ke rumah tanpa sandal. Mengendarai sepeda motor tanpa alas kaki, malunya bukan main sob, yaa tapi mau gimana lagi, masa mesti ambil sandal orang lain.

Besok-besok mungkin sandalnya digembok aja kali ya, heheh

Wassalam

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 comments "Sikap Jika Kehilangan Sandal Di Masjid", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com