Sunday, December 23, 2012

Cara Memblokir Program Di Komputer



Seringkali kita merasa terganggu ketika adik atau teman kita menggunakan komputer sementara kita juga membutuhkan komputer tersebut. Misalnya adik kita sering main game, mau ngga mau kita pun harus mengalah. Daripada harus mengalah terus, mungkin kita bisa menggunakan cara halus, yaitu dengan memblokir program / software tersebut sehingga tidak bisa dijalankan. 
Memblokir suatu program bisa dilakukan dengan 2 cara. Yaitu menggunakan fasilitas yang sudah dibuild in Windows, maupun menggunakan perangkat lunak dari pihak ketiga.

Memblokir program menggunakan Gpedit
gpedit  adalah salah satu fitur dari Windows untuk mengatur local computer policy mulai dari sistem , network  , tampilan windows dll . gpedit adalah satu satunya jalan yang tersisa untuk mengatur kerja windows apabila regedit tidak bisa di buka atau telah terhapus 

Tekan tombol bendera windows + tombol R dari keyboard mu atau tekan start...Pada kolom Run ketikan gpedit.msc lalu klik OK... klik User Configuration pada jendela sebelah kanan... klik Administrative Templates... Klik System lalu cari & klik tulisan Don't run specified Windows applications di opsi Setting tandai Enable lalu klik Show atau liat gambar di bawah ini

Setelah itu akan ada jendela Show Contents, untuk memblokir aplikasi tertentu klik Add lalu masukan nama aplikasi berektensi.exe di kolom yang tersedia. Contoh: jika ingin memblokir Notepad maka tulislah Notepad.exe atau pergi ke program file atau desktop untuk melihat nama aplikasi tersebut agar tidak salah dalam menuliskan nama aplikasi yang ingin kamu blokir.


Memblokir Program Menggunakan Software
Disini salah satu program yang bisa digunakan untuk memblokir program yaitu dengan menggunakan Anti Executable versi 3.50 buatan dari Faronics. Setelah didownload, jalankan seperti biasa. tekan CTRL + ALT + shift + F10 untuk masuk ke menunya.

Jika dilengkapi dengan password, masukkan passwordnya kemudian klik OK. Maka tampilan utama dari software ini akan muncul seperti gambar dibawah.

pada menu utama terlihat ada opsi enable dan disable , artinya kita bisa memilih program Anti-Executable ini berjalan atau tidak di komputer kita , sewaktu2 jika tidak ingin dijalankan tinggal pilih disable. Kemudian pada tab sebelahnya ada menu whitelist, artinya program2 exe yang diijinkan untuk dijalankan di komputer kamu . Pertama sekali kita diminta untuk membangun whitelist , komputer akan menscan semua file exe di komputer lalu save dikomputer.

pilih new ---> scan ( tunggu beberapa saat, komputer menginventarisasi semua file exe di komputer ). Setelah selesai lalu save . Selanjutnya isikan whitelist dengan file yang baru kita save tadi, lalu apply. Tab sebelahnya adalah blacklist, daftar program yang tidak mau kita kasih ijin untuk dijalankan. Tab selanjutnya adalah users, menu untuk mengganti password administrator. tab terakhir adalah setup, menu opsi untuk mengganti pesan blok program, lambang blok program , mengatur icon akan tampil atau tidak dan lain2.



Suka Dengan Artikel Ini ?

12 comments:

  1. nice gan.. ini yang gua cari cari gan..
    thanks unfonya gan. :)

    ReplyDelete
  2. nice share sobb. . coment back yahhh
    www.haztak21.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. agak rumit gan, tapi info bagus gan.. :D

    ReplyDelete
  4. thank's infonya gan
    www.ichalilmu.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Tengkyuu gan.

    mau tau cara menambah pengunjung blog dengan cepat ? silahkan kunjungi. Disini
    http://rexcarnation.blogspot.com/2012/12/cara-cepat-menambah-pengunjung-blog-rex.html

    ReplyDelete
  6. thanks atas infonya soob :D

    ditunggu kunjungan baliknya yaa :D

    ReplyDelete
  7. matur nuwun mas bro... ijin copas

    ReplyDelete
  8. ijin sedot gan....

    ReplyDelete
  9. MAkasih niih, bisa langsung saya praktekkan sepertinya..

    ReplyDelete
  10. Excellent post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
    Very useful information specially the last part :) I care for such info
    much. I was seeking this particular info for a very long time. Thank you
    and best of luck.
    link back http://tipslalucaramu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. Kalau yang tidak beresktensi .exe itu artinya apa min?

    ReplyDelete

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com