Friday, June 20, 2014

ayo pendekkan url anda


Anda yang punya bisnis online seperti afiliasi dan bisnis lainnya yang memanfaatkan internet, sangat perlu untuk mencoba trik yang satu ini yakni memendekkan url. Hal ini dilakukan selain untuk menghemat limit karakter (pada situs tertentu) juga untuk menyamarkan link afiliasi anda dan memberi sedikit kenyamanan bagi yang melihat short link tersebut.

Memendekkah URL tidak membutuhkan waktu yang lama, anda bisa memanfaatkan layanan gratis ataupun berbayar dari situs-situs yang menyediakan layanan ini. Beberapa situs populer yang bisa anda gunakan untuk memendekkan URL, sekaligus beberapa diantaranya akan saya tunjukkan tutorial singkatnya antara lain
1. Goo.Gl
Ini adalah url shortener milik Google. Mengapa Google?? karena sebagian besar dari kita tentu memiliki akun gmail kan? jadi anda tidak perlu repot-repot lagi membuat akun baru untuk sign. Di Goo.gl kita cukup memasukkan link yang akan kita pendekkan kemudian klik tombol biru bertuliskan shorten url, dalam beberapa detik link anda yang baru akan ditampilkan disisi kanannya. Silakan lihat ketiga gambar dibawah




2. Bit.Do
Url Shortener yang kedua adalah Bit.Do. Url Shortener yang satu ini adalah favorit kedua saya setelah Goo.gl. dan satu keistimewaan dari Bit.Do adalah anda bisa mencustomize url anda sesuai dengan kehendak anda pribadi. Penggunaannya pun semudah goo.gl, silakan anda lihat gambar dibawah, sekaligus saya masukkan sebuah link pada contoh ini.

Gambar di atas adalah tampilan awal ketika memasuki situs Bit.Do. Seperti yang bisa anda lihat, pada kotak berwarna, anda bisa mengisikan sebuah link yang akan dipendekkan.

Kemudian setelah memasukkan sebuah link, ada pilihan apakah anda ingin mengganti nama link tersebut. Anda bisa mengisinya sesuai dengan keinginan atau bisa anda kosongkan.

Nah kemudian hasilnya bisa anda lihat pada gambar ketiga diatas. Situs Bit.Do juga menampilkan barcode untuk link yang sudah dipendekkan.

Sedangkan situs lainnya yang bisa anda gunakan untuk memperpendek suatu link yakni:
  • tinyurl.com
  • bit.ly
  • Is.gd
  • Nxy.In
  • Cli.gs
  • Tr.im
  • Short.ie
  • Ow.ly
  • Plurl.me


Suka Dengan Artikel Ini ?

5 comments:

  1. wah ternyata banyak juga ya situs buat perpendek url, thanks infonya sob :)

    ReplyDelete
  2. Saya biasa pakek bit.ly :-D
    Enaknya makek shorten link, kita bisa gampang ingat link tulisan blog kita.. makanya saya suka yg bisa custum url nya..

    ReplyDelete
  3. saya pakai dlvr.it sekaligus auto feed buat sosmed :D
    btw, terimakasih kunjungannya ke blog saya

    ReplyDelete

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com