Monday, June 16, 2014

Mengetahui Keamanan Suatu Website


Sangat penting mengetahui keamanan situs atau website, apalagi jika situs tersebut adalah situs favorit yang hampir tiap hari anda kunjungi. Mengapa hal ini penting? Maraknya kejahatan internet (cyber crime) seperti seperti pencurian kartu kredit, pembajakan situs, dan pencurian data pribadi adalah alasan utama perlunya mengetahui keamanan situs.

Untuk mencari tahu keamanan suatu situs, anda tidak perlu ilmu yang tinggi apalagi belajar ilmu pemrograman website. Ada banyak tools (alat) yang bisa anda gunakan di internet baik yang gratisan maupun berbayar. Silakan Anda baca dan praktekkan uraian dibawah, agar anda pun semakin nyaman dalam mengarungi luasnya dunia maya :)

1. Cek secara Online
Situs-situs dibawah ini bisa anda gunakan untuk mengecek keamanan suatu situs.
- http://www.urlquery.net
situs keamanan ini memungkinkan anda untuk mengecek suatu website yang mengandung malware atau script berbahaya lainnya. Anda tinggal memasukkan nama situsnya, klik GO dan tunggu beberapa menit, biarkan website ini bekerja untuk anda.

- http://www.urlvoid.com
Tidak berbeda dengan situs diatas, cara menggunakan situs ini pun sangat mudah. Cukup masukkan url situs yang akan dicek keamanannya dan klik tombol SUBMIT NOW. Beberapa saat kemudian, situs ini akan menampilkan informasi dari situs yg anda masukkan tadi.

2. Menggunakan Add Ons Firefox
Kalau cara yang kedua ini khusus bagi anda pengguna Firefox. Peramban ini menyediakan beberapa add ons (pengaya) yang dapat untuk mengetahui keamanan suatu situs. Antara lain:
- Littlefox for Firefox
- WOT – Safe Surfing (Web of Trust)
- TrustMyWeb
- DontPhishMe
- Trustwave SecureBrowsing
- Verisign EV Green Bar
Silakan masuk ke link ini --> https://addons.mozilla.org/ untuk mencari add ons seperti yang disebutkan diatas. Bila beberapa add ons tersebut tidak bisa terinstall, coba perbaharui firefox anda.

kata kunci untuk artikel ini: keamanan website, keamanan situs,

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 comments "Mengetahui Keamanan Suatu Website", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com