Wednesday, April 3, 2013

Tips Mengurangi Berat Blog

Tips Mengurangi Berat Blog


Selain artikel yang bermanfaat dan tampilan blog yang rapi, salah satu hal yang membuat blog ramai dikunjungi adalah proses loading pagenya yang cepat. Kecepatan loading yang normal sebuah blog adalah 3-4 Detik. Jika lebih dari itu maka anda perlu menyimak dengan baik artikel ini mengenai tips untuk mengurangi berat blog.

Cara Mengurangi Ukuran / Berat Blog
1. Pilihlah template yang ringan. Ukuran normalnya adalah 10-15 Kb. Pilihlah template dengan background warna ataupun tanpa background. Jangan memilih template yang menggunakan gambar sebagai backgroundnya, apalagi template yang menggunakan banyak gambar sebagai pemanis tampilan.

2. Pergunakan widget yang lebih mendukung peningkatan trafik blog anda. Misalnya widget arsip, Popular Post, dan label. Jangan ragu menghapus widget yang kurang berguna. Ingat, loading blog lebih utama daripada tampilan blog anda.

3. Hapus kode css yang tidak terpakai. Seringkali kita menambahkan kode css ke dalam template untuk mempercantik blog misalnya untuk membuat kotak pencarian yang elegan, namum ketika tidak lagi diperlukan, kode css tersebut belum terhapus dikarenakan kita lupa dimana menaruh kode css tersebut. Untuk itu sebaiknya anda membuat catatan kecil untuk mengetahui letak kode css tersebut sehingga memudahkan ketika ingin menghapusnya.

4. Letakkan widget di sidebar kanan. Menurut salah satu sumber yang saya baca, Search Engine Google membaca sebuah page blog dari header, sidebar kiri, content, sidebar sebelah kanan, kemudian footer.

5. Perkecil ukuran gambar artikel. Sebuah artikel biasanya dilengkapi dengan gambar, selain sebagai pendukung juga untuk memberi kenyamanan kepada pembaca, namum jangan memasukkan gambar dengan ukuran yang besar karena dijamin bakal menambah waktu loading pagenya. Ukuran normal sebuah gambar yang bisa digunakan untuk artikel adalah 15-25 Kb

6. Kurangi Penggunaan Javascript pihak ketiga. Terlalu banyak menggunakan javascript tentunya akan menambah berat blog anda. Untuk itu anda bisa melakukan asynchronous javascript (Do some Google For More Information)

7. Atur jumlah tampilan artikel pada halaman beranda. Biasanya sih 4-6 artikel, contohnya bisa anda lihat pada blog saya ini. Silakan klik beranda dan anda akan melihat saya hanya menampilkan 6 artikel saja.

Setelah menjalankan tips blog di atas, semoga bisa mengurangi berat dari blog anda. Trims...

Suka Dengan Artikel Ini ?

6 comments:

  1. Wahh harus di terapkan ini gan.. :)

    ReplyDelete
  2. Mantap infonya

    Follow done atas nama Farel Yashiro

    Ditunggu follbacknya http://animeshiro.tv

    ReplyDelete
  3. bar tau ternyata klo css menambah berat, kirain sih masih berat javascript, ttpi sama.. hixhix..

    thanks tipsnya mas bro.

    ReplyDelete
  4. makasih tipsx nihhh... aq coba nih,,,

    ReplyDelete

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com