Sunday, September 29, 2013

Padamkan Lampu Saat Tidur



Bagi anda yang sering tidur dalam keadaan lampu menyala, sebaiknya baca abis artikel ini. Dan bagi yang tidurnya suka gelap2an, lewatkan saja dengan membaca artikela lain diblog ini.

Siapapun tentu menginginkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Tidur yang nyenyak bukan hanya dilihat dari berapa lama anda tertidur (normalnya 8 jam), tapi juga kondisi tempat anda tidur. Salah satunya adalah dengan memadamkan lampu ketika tidur. Mengapa?? Simak dibawah penjelasannya...

Menurut ahli biologi Joan Robert, bahwa tidur dengan lampu yang masih menyala bisa menghambat terbentuknya hormon melatonin. Hormon melatonin adalah hormon yang berfungsi sebagai anti oksidan yang mampu memerangi dan mencegah berbagai penyakit termasuk kanker. Dan hormon ini hanya bisa diproduksi pada malam hari jika tubuh berada dalam kondisi gelap.

Berbagai penelitian sudah dilakukan untuk membuktikan hal ini, termasuk ilmuwan di Inggris yang mengemukakan fakta bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekpresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker.

Bukan hanya cahaya lampu saja yang bisa menghambat produksi melatoni, tapi juga cahaya dari gadget seperti ponsel dan tablet. Dalam penelitian, yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Lighting Research Center (LRC) di Rensselaer Polytechnic Institute percaya bahwa cahaya tersebut bisa menyebabkan penekanan melatonin.

“Penelitian kami ini menunjukkan bahwa paparan dua jam untuk cahaya backlight dari gadget bisa menekan melatonin sekitar 22 persen,” ujar Mariana Figueiro, anggota tim peneliti

Fungsi Hormon Melatonin
  1. Melatonin sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan seksual dan meningkatkan efek endorphin yang dihasilkan oleh tubuh dalam mengatasi stress dan rasa sakit, serta turut memicu produksi hormon-hormon prolaktin atau oksitosin dalam produsi ASI, dan sebagainya.
  2. Melatonin berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas sehingga dapat mencegah penuaan dini, menjaga fungsi  jantung, anti kanker, mencegah gangguan endokrin, serta pemeliharaan fungsi seksual.
  3. Melatonin dapat menghambat peningkatan kolesterol dan menjaga regulasi tekanan darah sehingga dapat mencegah pembentukan endapan / plak yang dapat menyumbat dinding pembuluh darah yang dapat mengakibatkan stroke.
  4. Melatonin bermanfaat  untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menimbulkan relaksasi otot dan membantu mengontrol mood dan menghilangkan ketegangan.
Anjuran untuk memadamkan lampu ketika tidur ternyata sudah ada sejak zaman Rasulullah. Sebagaimana hadist yang diriwayatkan oleh Muttafaq'alaih dibawah ini.
"Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana dan tutuplah makanan dan minuman" (HR.Muttafaq'alaih).

Jadi, masih mau tidur dengan lampu menyala???

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 comments "Padamkan Lampu Saat Tidur", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com