Sunday, January 15, 2012

Bahaya Mengintai Di Balik Mesin Cetak



Artikel ini wajib dibaca untuk teman-teman blogger yang sering berurusan dengan printer (termasuk sy juga sih, heheh). Printer sudah menjadi sebuah kebutuhan khususnya para mahasiswa, dosen maupun kalangan umumnya. Tapi pernahkah kita menyadari bahwa ada bahaya mengintai dibaliknya yang sebanding dengan bahaya asap rokok???

Printer khususnya yang jenis laser ternyata mengeluarkan partikel berbahaya yang bersumber dari tonernya, yang jika dihirup terus-menerus dapat gangguan pada sistem pernapasan dan yang paling parah adalah gangguan kardiovaskular dan kanker. Inilah yang dikemukakan oleh Profesor Lidia Morawska dari Universitas Teknologi Queensland. Dari penelitiannya yang melibatkan 62 jenis printer, sebanyak 17 diantaranya masuk dalam kategori bahaya. Hal yang mempengaruhi kadar partikel yang dihasilkan printer dipengaruhi oleh beberapa hal. Yaitu ketika tinta printer masih baru maka partikel yang dihasilkan akan cukup banyak.

Sedikit tips untuk anda yang sering "berduaan" dengan mesin cetak, pastikan sirkulasi udara di ruangan anda berjalan dengan baik dan lancar. Ada baiknya jika diruangan tersebut, disediakan tanaman berdaun hijau.



Suka Dengan Artikel Ini ?

1 comment:

  1. Waduh, setiap hari saya duduk sebelahan sama printer.. Gawat!!!

    ReplyDelete

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com