Monday, April 29, 2013

Tips Aman Memulai Facebook

tips aman facebook


Facebook sebagai salah satu situs jejaring sosial terbaik di dunia, seolah telah menjadi magnet yang mampu menarik ribuan umat manusia di dunia untuk ikut bergabung didalamnya. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tuapun kini mulai 'memainkan' facebook. Dalam suatu pengumuman resmi, Facebook menyatakan telah memiliki satu milyar pengguna aktif yang sekaligus menjadikan facebook sebagai satu-satunya situs jejaring sosial pertama yang mampu membuat rekor tersebut.

Namum dengan semakin banyaknya orang berbagi informasi di Facebook, justru dimanfaatkan oleh sejumlah pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan. Untuk itulah sangat perlu bagi anda memfilter atau membatasi informasi apa saja yang bisa anda berikan ke orang lain melalui Facebook.

Berikut ini tips yang bisa anda gunakan para Facebooker untuk memberi kenyamana dalam bersosialisasi di situs jejaring sosial.

1. Atur Setting Privasi
Setting privasi dilakukan agar anda bisa mengendalikan setiap informasi yang anda bagikan. caranya sebagai berikut:

  • Klik gambar gerigi disudut kanan atas situs facebook, kemudian pilih pengaturan privasi
pengaturan privasi

  • Kemudian di window berikutnya, akan ditampilkan beberapa setting privasi yang bisa dilakukan. antara lain, anda bisa memilih siapa saja yang bisa melihat update status anda, meninjau kiriman dari teman-teman, memberikan pembatasan terhadap kiriman2 tersebut, memilih siapa saja yang bisa mencari anda difacebook, dan menutup akses bagi mesin pencari lain untuk menemukan akun anda.
pengaturan dan alat privasi

pengaturan dan alat privasi


2. Cek Ulang Sebelum Update Status
Sangat penting agar memikirkan kembali siapa saja yang akan melihat update status anda. Untuk itu selalu lakukan cek ulang sebelum memposting status.

wall facebook



3. Atur Pertanyaan Keamanan
Setting pertanyaan keamanan sangat penting agar akun anda tidak mudah diambil oleh orang lain, kalau terjadi, maka anda bisa mendapatkan kembali akun tersebut. Setting pertanyaan keamanan dapat dilakukan melalui tombol setting (gambar gerigi) disudut kanan atas facebook, kemudian pilih pengaturan akun.

pengaturan akun

Di window berikutnya, pada sisi kiri atas, pilih menu keamanan, lalu pilih sunting untuk mengatur pertanyaan keamanan. Facebook memberikan 6 pilihan pertanyaan keamanan. Pilihlah salah satu pertanyaan tersebut, dan pastikan hanya anda yg tau jawabannya.

pengaturan keamanan facebook

pengaturan keamanan facebook

4. Keamanan Email
Hal yang paling sering saya dapatkan dari pengguna facebook yg awam adalah mereka biasanya melupakan password email yang mereka digunakan. Setelah mereka membuat email, kemudian mereka mendaftar di facebook dengan email tersebut, dan akhirnya perlahan-lahan mereka lupa dengan password emailnya. 

Jika suatu saat akun facebook anda diambil alih, anda masih bisa mendapatkannya selama password email yg digunakan untuk mendaftar masih diingat dan masih bisa digunakan.

5. Memblokir Pengguna 'Nakal'
Saya yakin anda pernah mendapatkan kiriman yang tidak disukai dari pengguna facebook lain. Untuk itulah anda bisa mengambil dengan cara menghapus pertemanan dengan pengguna tersebut, atau mengambil langkah sapu jagad yakni memblokir user tersebut. 

  • Menghapus pertemanan bisa dilakukan dengan cara menuju ke akun user tersebut. lalu arahkan mouse ke tombol teman, kemudian sorot dan klik hapus pertemanan.
langkah menghapus pertemanan

  • Sedangkan untuk memblokir user lain bisa dilakukan dilakukan pada menu pemblokiran. Masuk ke pengaturan akun kemudian pada sisi kiri pilih menu pemblokiran.
pengaturan akun


mengelola pemblokiran

Ketikkan nama pengguna yang ingin diblokir kemudian klik tombol blokir. Beberapa detik kemudian akan muncul jendela kecil yang sesuai dengan nama yg disebutkan, kemudian klik tombol blokir yang ada disebelah kanannya. Klik tombol tutup untuk mengakhiri.

daftar blokir orang

Situs jejaring sosial adalah sarana untuk menghubungkan setiap orang dengan orang lain diseluruh belahan dunia tapi selalu batasan yang perlu diperhatikan demi keamanan dan kenyamana bersama.

Selamat mencoba tips aman facebook ini, semoga ada manfaatnya.


Suka Dengan Artikel Ini ?

0 comments "Tips Aman Memulai Facebook", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com