Saturday, April 27, 2013

Penjara Blog Itu Bernama Google Sandbox

google sandbox


Belum tau Google Sandbox? atau dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai kotak pasir Google, adalah sebuah tool buatan Google untuk 'menghukum' atau mengeluarkan situs / blog dari SERP alias tidak akan diindex lagi oleh Google. Wah kedengaran agak mengerikan memang. Blog yang dibangun dengan susah payah, waktu yang digunakan lalu mendapati kenyataan blognya terlempar ke dalam Google Sandbox.

Oleh karena itu sangat penting bagi anda pegelolah situs untuk mengetahui mengapa situs / web bisa terlempar ke dalam Google Sandbox. Sedikitnya ada tiga penyebab utama blog masuk ke Google Sandbox antara lain :
  1. Spam. Spam alias mengirimkan pesan yang berulang-ulang ke sebuah situs. Sebuah blog yang terindikasi melakukan spam, besar kemungkinan akan segera dimasukkan ke dalam Google Sandbox. 
  2. Artikel non original. banyaknya artikel non original disebuah blog bisa menjadi alasan utama blog anda akan masuk dalam daftar hitam Google dan masuk ke dalam kotak pasirnya. Search Engine Google lebih mengutamakan blog dengan artikel yang original terutama untuk memberi peringkat.
  3. Optimasi Diluar kewajaran. Terkadang saking semangatnya melakukan optimasi, semua cara dilakukan sehingga tidak memperhatikan lagi apakah cara yang dilakukan benar atau salah. Memang sangat penting melakukan optimasi demi meningkatkan trafik blog, tapi kalo berlebihan yaa siap-siap aja tenggelam dalam kotak pasir Google.
Lalu apa yang harus dilakukan jika blog anda 'tersesat' dalam kotak pasir mengerikan itu? yang pertama pastinya adalah bersikap tenang dulu dan jangan panik. nahh setelah agak tenang sedikit, silakan ikuti panduan dibawah ini. Tidak ada jaminan cara ini berhasil 100%, setidaknya ada usaha yang anda lakukan, hasil akhirnya semoga sesuai dengan yang anda harapkan. aamiin

Yang Perlu Dilakukan Untuk Keluar Dari Kotak Pasir Google
  1. Kurangi melakukan optimasi (termasuk spam) atau berhenti dulu untuk beberapa hari.
  2. Edit kembali artikel-artikel yang masuk di google sandbox tersebut. Jika terdapat link didalamnya, pastikan linknya aktif
  3. Buatlah beberapa artikel baru yang original dan jika perlu masukkan link Google didalamnya atau dengan menyertakan link yang mengarah ke artikel yang terkena google sandbox.
  4. Perbaiki kualitas backlink. Carilah backlink yang satu tema (niche) dengan blog anda.
  5. Kirim kembali sitemap blog anda di webmaster tools.
Diperlukan waktu yang cukup lama bagi sebuah blog untuk keluar dari Google Sandbox, ada yang menyebut enam bulan bahkan setahun. Itu semua tergantung dari usaha dan kerja keras anda.

Cara Mengetahui Blog Terkena Google Sandbox
Ada satu situs yang bisa membantu anda mengetahui apakah blog anda terkena google sandbox atau tidak  yaitu Google Sandbox Checker Tools. Cukup dengan memasukkan link url blog anda, lalu masukkan keyword bidikan anda. Screenshoot silakan lihat dibawah.

google sandbox checker

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan membuka situs www.google.com, lalu masukkan kata site dan tambahkan nama domain anda. contohnya site:fukumitsu.blogspot.com lalu lihat hasilnya.. Jika isi halaman dari blog anda masih ditampilkan, maka blog anda tidak terkena google sandbox tapi bila tidak ditampilkan maka blog anda mungkin sudah terkena google sandbox.

Jadi WASPADALAH..... WASPADALAH

Suka Dengan Artikel Ini ?

2 comments:

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com