Wednesday, September 26, 2012

Enkripsi Data Dengan Bitlocker Pada Windows 7



Salah satu fitur yang cukup handal yang ada pada Windows 7 adalah Bitlocker. Dengan fitur ini anda dapat mengenkripsi data tanpa perlu menggunakan perangkat lunak apapun. Secara default, BitLocker menggunakan teknik enkripsi algoritma AES (Advanced Encryption Standard) dalam mode CBC (Cipher Block Chaining) 128 Bit dan dikolaborasikan dengan teknik Elephant Diffuser untuk tambahan enkripsi yang tidak disediakan oleh AES. BitLocker hanya dapat dijumpai pada edisi Enterprise dan Windows Vista Ultimate dan Windows 7 Ultimate.
Silakan ikuti langkah-langkah dibawah untuk menggunakannya.

1. Klik kanan pada drive yang ingin anda enkripsi. Pada contoh ini saya mengenkripsi drive E. (anda juga bisa mengenkripsi Flashdisk). Setelah diklik kanan, pilih Turn on Bitlocker.


2. Akan muncul sebuah jendela dengan 3 pilihan. Disini saya memilih opsi yang pertama yaitu use a password to the drive. Masukkan password minimal 8 karakter dan klik tombol next.

3. Pada jendela berikutnya yang muncul, terdapat 3 opsi untuk menyimpan data password yang tadi dimasukkan. Disini saya menggunakan opsi yang kedua yaitu save the recovery to a file kemudian klik next. Simpan file recovery tersebut di drive atau atau di flashdisk anda.

Kemudian akan muncul jendela kecil yang menyarankan anda untuk menyimpan file recovery ini pada drive yang lain, klik yes. Layar sebelumnya akan kembali, kemudian klik next.


4. Setelah itu jendela untuk memulai proses enkripsi muncul, klik start encrypting. Lamanya proses tergantung dari banyaknya file di drive yang dienkripsi, tunggulah prosesnya sampai selesai.

5. Setelah proses enkripsi selesai, icon drive yang dienkripsi akan muncul gambar gembok perak. Restart dulu komputer anda kemudian gambar gembok tersebut akan menjadi gembok kuning. Dan proses enkripsi pun selesai dengan sempurna.

Selamat mencoba...........


Suka Dengan Artikel Ini ?

0 comments "Enkripsi Data Dengan Bitlocker Pada Windows 7", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com