Friday, August 2, 2013

Bersin Itu Nikmat


Begitu banyak nikmat yang Allah berikan kepada manusia, baik itu bagi kaum muslim maupun nonmuslim. Salah satu nikmat yang kadang terlupakan adalah nikmat bersin. Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras melalui hidung dan mulut. Tahukah sobat, berapa kecepatan dari bersin? ternyata kecepatannya mencapai 161 sampai 250 Km / Jam. Wow, ngga salah tuh. Itu terus artikel sederhana ini untuk mengetahui kenikmatan dibalik bersin.

Perasaan lega yang timbul setelah bersin adalah bukti hal tersebut merupakan nikmat. Aktivitas bersin membuat tubuh kita mengeluarkan ratusan ribu partikel dan mikro organisme yang bisa membahayakan tubuh.

Penyebab dan Proses Bersin
Ada beberapa hal yang menyebabkan bersin, misalnya karena penyakit flu, alergi, namum intinya adalah apabila hidung mendeteksi suatu partikel berbahaya, maka hidung akan berupaya mengeluarkannya melalui bersin. Proses bersin dimulai saat hidung terkena rangsangan tertentu, seperti debu dan asap, kemudian rangsangan ini menginformasikan kepada suatu bagian di otak yang disebut pusat bersin bahwa ada sesuatu yang harus dikeluarkan dari rongga hidung. Otak mengirimkan pesan ke beberapa kelompok otot yang berbeda. Otot-otot ini harus berkontraksi sesuai urutannya agar bersin terjadi


Manfaat Bersin
beberapa manfaat bersin yaitu membersihkan saluran faring (saluran yang berhubungan antara hidung, mulut dan tenggorokan) dari partikel2 berbahaya, bersin juga dapat melegakan perasaan dan menggiatkan tubuh, Menurut Ibnul Qayyim, bersin dapat mengeluarkan uap dari dalam otak yang jika dibiarkan akan berbahaya.

Hadits riwayat Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:“Jika salah seorang dari kalian bersin, hendaklah ia mengucapkan ‘Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah)’ dan saudaranya atau orang yang bersamanya mengatakan kepadanya ‘Yarhamukallah (Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu)’. Jika salah seorang mengucapkan ‘Yarhamukallah’, maka orang yang bersin tersebut hendaklah menjawab ‘Yahdiikumullah wayushlih baalakum (Semoga Allah SWT memberikanmu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu).

Bahaya Menahan Bersin
Pernah ngga sih kalian menahan bersin? klo pernah maka sebaiknya mulai hentikan hal seperti itu. Seperti disebutkan diatas, bahwa kecepatan bersin bisa mencapai 250 Km / Jam. Kebayang kan gimana akibatnya bagi tubuh jika menahan bersin? Seorang doktor bernama Roizen menyebutkan beberapa yang mungkin terjadi jika keseringan menahan bersin:
  1. Gangguan pada retina
  2. Vertigo
  3. Gangguan fungsi pendengaran
  4. Mimisan
  5. Resiko patah tulang di tulang rawan hidung.
Jadi jangan pernah menahan bersin untuk menghindari beberapa risiko tersebut. Tapi jangan lupa juga untuk menutup mulut dan hidung dengan tangan, tisu, sapu tangan atau lekukan lengan saat bersin, agar bakteri dan kuman yang keluar tidak membahayakan orang sekitar anda.

Suka Dengan Artikel Ini ?

0 comments "Bersin Itu Nikmat", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment

Followers

Google+ Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com