Tuesday, March 26, 2013

Perbedaan Windows 32 Bit Dan 64 Bit



Anda pengguna sistem operasi Windows, pernahkah memperhatikan Windows versi apakah yang digunakan? apakah Windows 32 Bit atau Windows 64 Bit?. Mungkin sebagian besar dari kita tidak terlalu ambil pusing dengan hal-hal yang demikian, yang penting komputernya bisa digunakan dan tidak hang apalagi lalod (lambat loading).

Terdapat perbedaan besar antara Windows 32 bit dan Windows 64 Bit. Kata “bit” sendiri mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, dimana seluruh data dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 dan 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses 32 digit sekaligus.

Berikut ini perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit

Prosesor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64-bit secara teori, dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB. Prosesor 64-bit juga mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat.

Windows edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit melalui modus kompatibitas khusus, namun hasilnya bisa sangat berbeda-beda. Menggunakan sistem operasi 64-bit juga bisa menimbulkan sedikit masalah pada driver, yang merupakan bagian kecil software untuk mengkordinasi setiap perangkat hardware dengan sistem operasinya.

Cara mengetahui apakah komputer yang anda gunakan 32 Bit atau 64 Bit yaitu, klik kanan pada icon my computer kemudian pilih properties, maka akan muncul informasi mengenai tipe sistem yang anda pakai. Jika komputer sobat menggunakan operasi sistem Windows XP, caranya yaitu Klik Start, kemudian Klik kanan My Computer, lalu klik Properties. Jika Anda tidak melihat "x64 Edition" terdaftar, maka Anda menjalankan versi 32-bit Windows XP. Jika "x64 Edition" terdaftar di bawah Sistem, Anda menjalankan versi 64-bit Windows XP.




Pada dasarnya windows dengan sistem 64 bit jauh lebih baik dari 32 bit, jika dilihat dari segi kualitas 64 bit support untuk spek tinggi agar kinerja komputer dapat berjalan dengan baik.

Jadi Windows apakah yang anda gunakan??, klo saya sih yang konvensional aja, 32 bit hehehe


Suka Dengan Artikel Ini ?

7 comments:

  1. Thank's gan
    Sekarang ane jdi tahu nih ,haha

    Coment back http://fauzan-ynwa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. baru tau nih perbedaannya ..
    thx ya om :D
    #comment back

    ReplyDelete
  3. makasi banyak infonya gan,, sangat berguna. dari dulu baru bisa install sampai sekarang saya belum tau perbedaan nya.. sekarang baru tau.. hehe..

    ReplyDelete
  4. Gua mau bikin 2 OS dalam laptop gw, gw mau instal win 8 32bit di laptop gua yang sudah terinstal win 7 64 bit bisa tidak ya? maksudnya win 8 32 bit bisa jalan ga di laptop gw yang speknya 64 bit

    ReplyDelete
  5. Oooooooo..... Ternyata, gini to bedanya, wew... Nambah ilmu, thanks gan infonya

    ReplyDelete

Followers

Sponsor Lagi

 
 
Copyright © 2013. Bukan Catatan Manusia Biasa - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com